ads

Tugas Pemuliaan Tanaman


            Cari tahu
1              1)    Pengertian pemuliaan tanaman
2              2)    Contoh keberhasilan pemuliaan tanaman
3              3)    Program baku pemuliaan tanaman
            Jawaban:

1.     Pemuliaan tanaman merupakan kegiatan untuk mengubah susunan genetik tanaman secara tetap (baka) sehingga memiliki sifat atau penampilan sesuai dengan tujuan yang diinginkan pelakunya. Pelaku kegiatan ini disebut pemulia tanaman.


2.     àBaldur Stefansson, (1917-2002) Kanada, perintis kanola.
àNazareno Strampelli , Italia, perintis pembuatan galur-galur gandum berdaya hasil tinggi.
àYuan Longping (1930– ), Cina,mengembangkan teknologi padi hibrida di Cina.
àGeorge Harrison Shull (1874–1954), AS, mengembangkan teknologi jagung hibrida
àEdward Murray East (1879–1938), AS, meletakkan dasar-dasar teknologi jagung hibrida
àAke Gustafsson,(1908–1988) Swedia, perintis pemuliaan tanaman dengan mutasi
àDonald F. Jones (1890–1963), AS, menginvensi hibrida silang ganda yang menjadi  teknologi  pemicu  industri benih hibrida
àIvan Vladimirovich Michurin (1855–1935), Rusia/Uni Soviet, menerapkan seleksi pada tanaman buah dan mengkaji teknik-teknik penanggulangan inkompatibilitas persilangan
àIngo Potrykus (1933– ), Jerman, perakit 'Golden Rice' dan ketua Golden Rice Humanitarian  Board
àMarcus Morton Rhoade (1903–1991) ,AS ,   menemukan dasar teori pemanfaatan  galur  mandul  jantan



3.               àPenentuan tujuan program pemuliaan Penentuan tujuan ialah proses       yang wajib untuk dilakukan karena akan menentukan pada hasil yang diperoleh.
àPenyediaan materi pemuliaan (Pembentukan keragaman genetik) Penyediaan materi pemuliaan (populasi dasar) yang memiliki keragaman genetik yang tinggi sangat penting untuk menunjang proses pemuliaan tanaman.
àPenilaian untuk dijadikan varietas baru (Seleksi) Proses seleksi dapat dilakukan jika materi pemuliaan (populasi dasar)memiliki keragaman genetik yang  tinggi.
àPengujian Sebelum dilepas menjadi varietas baru, terlebih dahulu dilakukan pengujian terhadap individu atau populasi terseleksi. Pengujian berupa  uji  adaptasi danuji daya hasil untuk dapat diketahui kemampuan  individu atau populasi pada lingkungan.
àPelepasan varietas harapan menjadi varietas baru (uji multilokasi) Pelepasan varietas harapan yang telah menjadi varietas baru juga harus melalui pengujian multilokasi. Dan varietas yang telah dilepas harus memiliki materi genetik yang beda, unik, stabil dan seragam dalam suatu populasinya

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a Kreatif theme from Seo. Converted by sponsor.